Kapok Nge-CHEAT Sejak Jadi Zeniuser

Hallo Zeniusers, Tabik pun!
Sebelumnya kenalin, nama gua Saf, alumni 2015 yang memutuskan nganggur setahun buat persiapan SBMPTN 2016, dan tentunya ditemani sama Xpedia 2.0. Sebenernya keputusan nganggur setahun itu ga enak banyak yang nganggep remeh, tapi demi PTN impian, gua harus jalani, hehe...

Karna Zenius kali ini ngadain lomba nulis blog lagi, gua jadi pengen ikutan buat berbagi cerita tentang before and after my journey with zenius. Sudah setengah tahun gua make Xpedia 2.0 dan itu efeknya luar biasa, gua jadi merasa lebih baik dan bijak dalam menjalani kehidupan ini.

Oke, judul tulisannya aja udah begitu, berarti kita flashback dulu ya ke "masalalu-ku" hehehe..


Dari SD-SMP gua selalu dijadiin objek percontekan sama kawan-kawan, dengan pasrahnya gua kasih aja karena ga tega. gua juga dulu anti nyontek, karena saat itu gua ngerasa gua bisa kok, jadi buat apa nyontek. Moment yang bikin gua ga nyaman tuh kalo lagi ulangan, kenapa? wii banyak banget yang manggilin "eh no ini apaan sih?" dst, dst. Kadang gua mikir, mereka ini pada belajar apa ngga sih? Sebenernya sedih kalo dipikirin, kasian sama guru yang ngajar, ilmu yang udah diberikan malah jadi sia-sia gitu.

Kekecewaan gua bertambah ketika UN berlangsung, gua takjub ini kan ujian kenapa nyontek dibolehin juga? pake kunci segala, ini ga adil. Tapi gua tetap pada prinsip, NO CHEAT. Dan gua bangga ketika hasil ujian udah didapat, alhamdulillaah nilai memuaskan banget gua jadi lulusan terbaik dari SD dan SMP tempat gua menuntut ilmu. Terimakasih untuk semua guru yang udah memberikan ilmunya, semoga bermanfaat sampai akhir hayat.

Daritadi NO CHEAT terus, emang kapan lo nge-CHEATnya??


Iya. Jadi gini ceritanya, gua sempat mengalami dilema pas memasuki jenjang SMA, dari pesantren pindah ke SMAN yang terkenal dengan nama TEXAS (teluk betung atas) di kota gua, alasannya karna disana gada jurusan IPA. Disini kegiatan percontekan ternyata lebih merajalela apalagi pas itu smartphone lagi blooming, ditambah gurunya yang kurang memperhatikan, anak-anak nyontek ya dibiarin aja gitu. Apa cuma di kelas gua yang pada nyontek dari smartphone pas ulangan apapun? I dont know. Saat mereka melakukan hal itu gua cuma bisa geleng-geleng, sedih.

Gua jadi kehilangan semangat belajar karena rasanya percuma rajin belajar toh yang lain juga nyontek jadi nilainya sama aja kan? Mimpi untuk jadi olimpian kaya pas SMP jadi pupus setelah gua gagal tembus OSP karena ga ada guru yang mau ngebimbing. Gua juga jadi rada skeptis sama guru-guru di sekolah, terutama soal pengajaran akademiknya. Karena kondisinya begitu, gua yang dulunya study oriented banget kemudian memberanikan diri untuk berkecimpung di ranah organisasi (ROHIS, FORKAPMI Lampung, SSS, Tarung Derajat). Progressnya cukup sukses.


Keadaan yang kayagitu akhirnya menjerumuskan gua, tepatnya pas kelas 11. Sejak jadi pengurus diberbagai organisasi dan ikut pelatda kota, gua jadi jarang belajar, kegiatan outdoor banyak banget, pelajaran asli banyak ga ngertinya. Mau ga mau, ternyata gua butuh nge-CHEAT juga, gua ngarepin jawaban dari kawan sekitar gua aja karena gua emang ga punya smartphone untuk dijadiin bahan contekan :D, praktis! gua akhirnya mengkhianati prinsip gua yang NO CHEAT itu :3 tiap ada ulangan pasti ikut nyontek. But, deep in my heart gua pengen banget bisa nguasain MAFIKI dan dari SMP pengen banget bisa masuk ITB, tapi gimana caranya? sedangkan keadaannya aja begitu. Gua pikir gua dah salah pilih SMA.

source: 9GAG.com

Sejujurnya gua merasa malu dan berdosa karena perbuatan itu. Tapi dari pengalaman nge-CHEAT selama 2tahun itu gua jadi tau gimana rasanya orang yang ga ngerti pelajaran, mikir dah males, jalan terakhir ya nge-CHEAT. Dampak nya kerasa banget pas SBMPTN , gua pilih FTTM karena dari kecil pengen jadi the explorer biar kaya Dora. Jelas gua ditolak mentah-mentah karna gua belom ngerti battlefieldnya (kata bang Sabda). Mau coba UM juga percuma secara gua ga paham materinya. Gua jadi merasa ga berguna karena udah mengecewakan orangtua...

Menyesal, sedih, itu pasti. Kemudian sekitaran agustus 2015 secercah harapan datang menghampiri....


My Journey with ZENIUS is begin...

Mungkin memang udah jalannya, tengah malem pas lagi meratapi nasib depan laptop, suddenly gua liat postingan @zeniuseducation terus nemu artikel tentang perjuangan SBMPTN
Makin penasaran, gua liat artikel lainnya
Pas baca artikel yang itu tenggorokan gua rasanya tercekat, pengen nangis. Bener, semua yang ada di artikel itu adalah kesalahan gua. Bener, penyebab gagal tembus PTN yang ditulis di artikel itu emang terjadi sama gua. Gua berasa disentak sama itu tulisan karena emang sebelumnya gua ga persiapin SBMPTN dengan serius, cuma beli 1buku kumpulan soal SBMPTN tanpa ikut bimbel yang tentunya itu ga bener-bener ngefek. Malah pas SBMPTN pun sempet terbesit pengen nyontek/jalan belakang seperti yang disaranin temen, tapi ga jadi soalnya berbayar, heuheu.

Dirumah ga kuat streaming, besoknya gua ke warnet buat pantengin zenius.net. Sebenernya waktu kelas 11 gua udah jadi member regulernya, cuma ga dilanjutin sampe ke premium. Nah udah kan, pas di warnet gua buka bagian yang Zenius Learning. Beberapa hari gua ke warnet pantengin bagian itu, pas di sub-part self concept ada gambar yang "oops" itu. Okelah, beberapa hari kemudian gua putuskan untuk beli XPedia 2.0 aja, untungnya orangtua mendukung gua banget.

Gua bangga nih udah jadi Zeniuser. Jadi terinspirasi sama cara berpikirnya bang Sabda yang keren banget. Diawal gua khatamin CD Zenius Learning and Xpedia Guide, ini mampu banget mengubah mindset gua,  yang sebelumnya ga semangat buat belajar sekarang malah semangat karena gua udah menemukan guru yang super sekali. Seandainya dari dulu pake zenius.net mungkin gua udah jadi pinter beneran dan pasti ga ada tuh cerita nge-CHEAT.

Ada suatu sesi yang menyadarkan gua, kalo mau expert di suatu hal kita harus kuasain konsepnya, pelajari steps nya. Ibarat kita disuruh ngelewatin dinding yang tingginya misal 5m, itu ga mungkin bisa dilewatin kalo cuma loncat-loncat aja, kita mesti bikin tangga supaya kita bisa lewatin tembok itu. Selain itu kita juga harus ngelakuin Deliberate Practice yang dibilang sama bang Sabda supaya koneksi antar sel di otak kita bisa licin/encer karena dah terbiasa.

Belajar dari penguasaan konsep itu emang asyik banget, dulu gua nganggap remeh soal-soal TPA, tapi dari Zenius gua bisa dapet sisi lain dari soal TPA yang ternyata itu berguna untuk ningkatin IQ. Bermatematika di Zenius juga asyik, dulu paling gua cuma bisa ngerjain 1 dari 15 latian soal Madas, sekarang lumayan ada peningkatan dan bisa ngebuktiin suatu rumus itu asalnya darimana. Pokonya Zenius goks banget, ada banyak moment WOW yang bisa kita temuin di ZENIUS. 

Ga cuma tentang penyelesaian soal, Basic science and social skill di Zenius mengajarkan gua untuk memandang berbagai pristiwa dikehidupan ini secara saintifik, dan ningkatin my curiousity. Apalagi dengan beragam artikel insightful yang tersedia di Blog Zenius itu semua keren banget, rugi deh kalo ga dibaca. Dan yang paling penting, setelah gua membaca The Virtue of Liberating Education dan Catatan FB Kak Prasdianto gua jadi bener bener kapok nge-CHEAT, serius nge-CHEAT tuh bikin gua ngga dapet esensi dari suatu ilmu pas SMA, dan itu bisa disebut sebagai suatu pengkhianatan, sadis emang (bahasanya). Coba deh bayangin kalo kita masih pada nyontek, mau jadi apa negara kita kedepannya?

Gua memang belum sepenuhnya menguasai materi SBMPTN dan masih terus belajar. Tapi gua sadar betul bahwa memang SBMPTN As A Foundation for Life-Long Intellectual Development.  Untuk menguasai suatu hal itu ga bisa pake cara instant,  kita harus memiliki pondasi yang kuat, karena kalo pondasi udah kuat, bagus, mau dikembangin kayamanapun pasti hasilnya bagus. Ini yang lagi berusaha gua terapkan dalam persiapan SBMPTN, memulai semuanya dari konsep, ngelakuin DP, walau seringkali gua lelah juga.
Gua ada puisi, sengaja dibentuk segitiga....
Mulai Dari Bawah

diatas
kita berada
kan tiba waktunya
yakinlah, karena pasti
bertahap, jangan buru-buru
tak peduli, betapa sulit prosesnya
jika ingin berada diatas, harus berusaha
kehidupan itu bertahap, dimulai dari bawah
(bacanya dari bawah yaa...)

Demikian before and after My Journey with Zenius, kadang gua pengen jadi kaya bang Sabda, tapi yasudahlah Terimakasih banyak untuk tutor-tutor yang ada di Zenius, ilmu pengetahuan yang kalian berikan sangat bermanfaat buat kehidupan gua kedepannya. Kalo 2016 gua lolos PTN favorit, gua pengen ke markas Zenius-X untuk bilang terimakasih secara langsung sama kalian :)
Aku gatau perjalanan hidup akan membawa ku kemana, tapi yang jelas bersama Zenius aku merasa lebih baik.

"membangun pondasi dari bawah akan lebih baik, sebelum kita membangun gedung yang tinggi sekali" -me-






Sumber acuan :





Komentar

  1. cerita nya mirip sama gue sih kak. dari sd-smp dapet sekolah kelewat disiplin ga bisa nyontek sama sekali. disitu akhirnya jadi orang yg gila belajar. pas smk salah milih sekolah kayaknya pergaulannya lumayan parah, kurang disiplin pula. banyak yg nge cheat. parahnya lagi gue jd bahan bullyan dan omongan anak2 karena ga mau ngasih tau jawaban dan ga mau ikutan nyontek. gue sempet terkontaminasi ikut2an nge cheat. terus kelas 3 nya gue mulai sadar itu salah, tapi ya gitu tetep aja jadi bahan omongan satu kelas. tp gue ngerasa bgt mana yg bener2 paham ilmu sama yg nilainya bagus tapi hasil curang... terimakasih buat ceritanya, menginspirasi sekali kak hehe

    BalasHapus
  2. setidaknya kita udah pernah merasakan gimana itu nyontek, betapa menyiksanya ketidaktahuan itu akhirnya malah nyontek
    sekarang santai aja kalo di bully, nyatakan prinsip lo itu (no cheat) ke temen temen lo, ntar juga mereka bakal ngehormatin, kalo elo komit hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato: Aktifkan Sampah Masyarakat dengan Daur Ulang Sampah

Terjemahan Daqoiqul Akhbar, Bab 1 : Penciptaan Nur Muhammad

MELAWAN LUPA (Edisi: 9B 0912)