MELAWAN LUPA (Edisi: 9B 0912)

Marilah kita Melawan Lupa, bersama saya, Tuan Rumah Mata Kekel.



Assalamu ‘alaykum wr wb
Yth. Kawankawanku sekalian di rumahnya masing-masing, malem ini aku lagi kangen band nih sama kalian (malem ngetiknya). Aslinya tulisan ini udah gua mulai setahun yang lalu, tapi ketunda terus gua sibuk, biasa manusiawi, sibuk dengan urusan duniawi, dan maleswi.
Semoga masih pada inget sama gua, kalo udah lupa gapapa kok wajar udah 4th ga temu. Gua sebenernya ga nyangka akhirnya bisa nulis begini untuk kalian, tapi gua berusaha sebisa mungkin untuk nyangka. Belakangan ini lagi terkenang masa SMP, masa remaja 2009-2012 yang penuh gairah ABG. Ini bukan cerpen atau cerpan, cuma jenis tulisan gua yang semaunya, tapi kalian mesti baca ini sampe selesai. Oke?
BONUS! Di akhir tulisan ini gua mau bongkar rahasiaku. Pengasaran?

Ini namanya laut

B Class of 0912 SMPN 16 BDL.. here’s the story :
Pertama kali gua masuk kelas ini hari jumat 2009 abis acara ospek (MOS). Di kelas ini gada teman gua, kalian semua orang baru yang gua liat. Gua takuutut, secara kelas ini RSBI pastinya pada pintar dan beruang. Yes gua pikir kalian semua adalah beruang (ber uang) makanya gua takut untungnya ga sampe kejang kejang.

Besoknya, sabtu pagi, Ibu Disvery guru PPKn datang ke kelas. Ibu Disvery nyuruh kita untuk milih calon ketua kelas. Kandidatnya: Devin, Ikhwan dan Komang. Dulu itu gua bingung kenapa si Komang jadi kandidat. Semakin bingung kenapa malah Komang yang menangin sayembara ini. Semakin makin bingung kenapa dulu gua juga ikut pilih Komang. Semua di kelas pada ketawa (mungkin seneng) karena Komang yang menang, mungkin sebagian ada yang ga setuju, gua cuma bisa tersenyum karena ini konyol. Komang nya sih seneng banget sampe hiperaktif  gitu. Emang dia selalu hiperaktif tapi itulah yang gua rindu selalu. Asik.

Beberapa hari kemudian gua ngegantiin Komang jadi ketua kelas (kekel), tanpa sayembara, tanpa kampanye, tanpa pemilu. Dulu mau nya sih jadi kepala negara, kalo disingkat jadinya... KENE kali ya, Kepala Negara. Atau KERA (Kepala Negara). Ah jangan deh, malu. KEKEL sudah bagus, Komang penciptanya.

Info: barusan gua liat akun instagram kalian, mau tau gimana perkembangannya sekarang. Tapi sayang banyak yang privat, ga bisa liat foto kalian, sayang sekali. Ga bisa follow karena lagi ga mau.
(Tidur dulu ya. Nanti dilanjut lagi—3417, 23.06 di kamar Dthunderkost)
18517—Lanjut ya.

Di bagian ini gua mau ngereview sedikit tentang kalian. Semuanya baik kok, jadi gua ga nulis lo orang baik berkali-kali, gua khawatir kalian bosan.
1.      Abdul Rohman : kecil-kecil cabe rawit. Dia adalah orang yang paling jail dikelas (menurut gua), hampir semua anak dikelas pasti pernah dijailin sama dia, bahkan yang sampe nangis ada. Gua sendiri sering menjadi korbannya sekitar kelas7-8, tapi gua ga minat meladeni. Gapapa lah kelas ada dia, dia salah satu hecticmaker nya kelas hehe he. Abdul elo masih jail ga?
2.      Aldi Sugianto : ga banyak yang gua tau tentang dia ini. Diawal keliatannya baik baik aja dan kalem, mau mau nya ngebantu kalo ada acara kelas/sekolah. Tapi sekitaran kelas 9 dia sering membolos.
3.      Atika Marta : dia ini pinter orangnya dikelas, dulu bapaknya kenal sama gua, gatau sekarang. Banyak yang bilang kita nih saingan dikelas (untung ah, bukan saingan berebut harta&kekuasaan), padahal ya ngga. Orangnya terlihat tomboy tapi feminim. Pokonya begitu. Hitam manis juga, jadi inget malika di iklan kecap sangban*o.
4.      Barosita : mbaros ini dulu sempet jadi anggota megikosabawi, tapi ga berlanjut sampe lama, dia resign, mungkin ga puas dengan gajih di megikosabawi. Baros juga pernah jadi ketua kelas gantiin gua, abis itu baru ikhwan. Waktu jadi ketua kelas baros suka marah-marah, tapi gua tau maksudnya dia pasti baik, ya kan baros? Gua inget waktu kelas 8 sekitar awal maret kita sekelas pada kerumahnya baros karena ada suatu musibah.
5.      Dian Septiana : ga banyak yang gua tau karena kita jarang ngobrol. Dian seru orangnya, kalo diliat. Di awal bergabungnya sama Diajeng, Regita, dll, tapi terakhiran kelas 9 kayanya jadi renggang. Gatau lah, Dian ini gabung kemana lagi ya.
6.      Devin : menurut penglihatan gua dia mirip sama anime jepang gitu, dia berkacamata. Kalo abis pelajaran olahraga (lari) besoknya dia sering ga masuk. Orangnya ramah dan dewasa juga. Secara umur juga paling dewasa dari kita.
7.      Diajeng Inggit : waktu kelas 9 dia duduknya didepan gua komang dan merlia, asli tiap hari berdebat terus sama komang dan merlia gua sampe pusing sebenernya, suka ngejekin merlia yang gila korea dan komang yang gila agnezmo, tapi seru kalo ngeliat mereka berantem gitu. Inggit tergabung dalam kelompok bermain double ID, sebelumnya dia bergabung sama Dian, Regita, dll. Orangnya seru kok Inggit, juga dari mukanya terlihat keibuan, mukanya rada korea/jepun/chinese gitu. Gua inget dulu inggit sering nanya gua “kekel makan nya apa sih?”
8.      Dimas Aditya : yang gua inget dari Dimas ini jambulnya yang terlihat mencolok (menurut gua) namanya apa tuh gua lupa nanya ke Dimas pas masih SMP. Sempat beberapa kali ngobrol sama gua. Dah gitu aja gua ingetnya.
9.      Dwi Agustina : kalo ga salah pas kelas 3 Dwi duduknya sebelah Inggit, agak lupa. Komang sering gangguin Dwi, firasat gua Komang ada rasa sama Dwi, hihihi. Dwi tergabung dalam kelompok bermain double ID, paling deket sama Igam kayanya.
10.  Imelda Pertiwi : ini juga tergabung dalam kelompok bermain double ID. Imelda dulu les bareng gua di rumah Ibu Komariah yang ngajarin Mba Nurul. Kalo belajar dia keliatan antusiasnya, pinter. Imelda ini mirip Barbie, waktu pertama ngeliat gua pikir dia orang blasteran, taunya orang panjaaaaaannngg.
11.  Igam Putriani : anggota double ID. Sama, les bareng gua di rumah Ibu Komariah. Kelas 9 pas dia ultah kawan sekelas pada ngerjain Igam, Ibu Sumarni juga ikut ngerjain, gua ga minat ikutikutan, bukan karakter saya. Karena kasian, jadi aja gua nganterin dia nyuci pel-an di tempat wudhu, sepanjang jalan nangis terus sambil bawa pel-an dan ember, ngeleler, dikira orang orang gua yang nangisin. Pas nangisnya udahan kawan sekelas pada di traktir bakso 1porsi sama Igam di kantin. Tapi harusnya gua itu kena traktiran 2porsi kan gua udah nganterin, harusnya mah gitu. Igam orangnya pemalu, mau apa apa malu. Engga tau kalo sekarang.
12.  Andri Paksi : si copi, komang yang buat panggilan copi (copinter) gegaranya dia sering tunjuk tangan di kelas terus Komang nya langsung bersorak “huuo coppii” kaya mau unjuk rasa gitu. Di Texas kita ketemu lagi, di kelas bahasa Arab. Copi sering bagi cerita ke gua kalo dia abis main sama rombongan double ID dll, bikin gua kangen sama suasana kelas kita yang dulu. Copi orangnya ramah, orang lampung asli (cmiiw), menurut gua dia putih banget. Eh gua pernah liat ada foto lo di bimbel polisi deket perintis2. Selamet ya copi jadi polisi, jangan banyak tiduur.
13.  Ihsan : orangnya pendiam, sering main game sama anak cowo lainnya.
14.  Ikhwan : dia ketua kelas kita pas kelas 9. Suka main game juga. Ga bisa ngomong R. Keliatannya dewasa. Nama bapaknya suka dikatain sama kawankawan. Dia juga sering dipanggil bapak sama si Inggit.
15.  M. Arif : gemuk orangnya, tapi mungkin sekarang dah berubah hehe. Suka main game. Suka dikerjain sama anak cowo dikelas. Anaknya Ibu Nurpujiana, guru bahasa Inggris.
16.  M. Aris : dia jago gambar, jago melukis, gua kagum sama karyanya, imba banget. Kawan dikelas banyak yang pesan brownies sama dia, enak soalnya. Kalo ada kans bolehlah gua minta digambarin aurora ya, Ris.
17.  Bustomi : ini orang yang paling tinggi di kelas, bahkan se-antero SMPN 16 BDL. Imba!
18.  Prajodi : dia adalah penggemar Michael Jackson. Di kelas sering nari bareng Icat dan Aris, sampe karpet kelas acak-acakan. Kalo ada acara perpisahan selalu perform tarian Michael Jackson. Sering ngatain gua puyol.
19.  Hemami : orangnya putih banget menurut gua, tipikal anak rumahan, kalem. Waktu kelas 8 dia duduk di depan gua sama komang. Kita tiap hari ngomongin bola liga champion, BPL, la liga gitu gitu. Tiap hari debaat terus sama Komang.
20.  Roby : Nama bapaknya suka dikatain sama kawankawan. Suka main game juga.
21.  Regita : diawal dia bergabung sama Dian dan Inggit, terus lama jadi renggang. Dia suka ngobrol sama gua karna pas kelas 8 bangku kita bersebrangan. Info terakhir yang gua tau Tata ini jadi ketua osis di SMK azza wajalla.
22.  Sinta : kayanya musuh bebuyutan banget sama Komang. Komang manggil Sinta tuh nuklir. Ga ngerti lagi apa hubungan antara Sinta dengan nuklir? Sinta ini deketnya sama Wina kalo dikelas, kadang juga sama yang lainnya.
23.  Wina Nur : dulu Wina masuk anggota megikosabawi, tapi cuma bentar, resign dia itu. Sama komang dan Gita juga pernah ngebentuk kelompok bermain SMS (sunmoonstar), ngomongnya pake kodekodean ga jelas gitu. Kalo menurut gua dia nih orangnya keibuan hehe hehe.
24.  Satria : dulu terkenal sebagai hacker di kelas. Dia ngerti banget tentang komputer dibanding kita semua pas itu. Tapi gerak-gerik dia suka keliatan aneh, entah apa maksudnya. Kalo ada kans gua pengen minta ajarin ngoding ya, cat!
25.  Merlia Suryani : kpopers banget, penggemar pisang/banana (B1A4). Dia duduk sama gua dan Komang di paling belakang. Tiap hari berantem terus sama Jodi, Komang dan Inggit, gua hanya bisa bersabar. Merlia nih anggota megikosa bersama gua Komang dan Gita. Pada saat itu kita berempat setia banget, banyak hal yang kita lalui bersama. Mer, apa lo masih jadi kpopers? Tobatlah, udah dewasa jangan mikirin kpop.
26.  Rizki Gita : dia adalah salah satu hecticmakernya kelas, orangnya cukup uptodate dengan perkembangan zaman, dulu pecicilan juga kaya Komang. Gita nih anggota megikosa juga, banyak hal seru yang kita lalui bersama. Terakhir kita berempat ketemuan pas TO di saburai ya, rit. Gita sekarang menjadi seorang muslimah sejati, gua pernah ngintip dari twitternya.
27.  Komang Merta : penggemar berat agnezmo. Ini juga hecticmaker nya kelas, gua yang dulu orangnya pendiem merasa mendapat keuntungan bermain sama dia, dia juga dulu jadi wakil ketua kelas, kalo ada guru yang belom dateng ke kelas kita berdua bakal cari gurunya sampe dapet. Kemana gua pindah duduk selalu diikutin. Dua tahun kita duduk bareng, btw di SMA juga dua tahun gua duduk sebangku sama orang yang kaya lo, percis sama kelakuannya. Banyak hal seru yang kita lalui bersama. Goks banget lah komang ini pokonya hehe hehe.
Gua kangen liat komang ngikutin gaya agnezmo, kangen bilang “huuu copii!”, kangen bilang “kelll trimakaasiiieehh”

Dari 37 orang gua cuma inget 27 nama, sisanya gatau kemana maaf yah. Kalo ada yang mau nambahin boleh banget ntar di kolom komentar.
Lalu gua ingin menuliskan beberapa hal tentang Wali Kelas kita, Ibu Sumarni keren. Bu Sumarni sebagai guru mata pelajaran IPS (geografi dan sosiologi), gua sangat senang diajar dengan beliau. Orangnya tegas, berkarakter, to the point, penyayang, selama tiga tahun sangat sabar menghadapi kelas kita yang terkenal cukup yahgitudeh. Pernah berkali-kali Bu Sumarni komplain ke akademik supaya bisa berenti jadi walikelas kita, tapi alhamdulillah hal itu ga terjadi, Bu Sumarni tetap jadi walikelas kita sampe kita semua lulus dari B Class of 0912. Jasanya banyak ke kita, kita harus sempat mendoakan untuk kebaikan ibu Sumarni sekeluarga. Marilah!

Apa aja pengalaman di kelas B yang masih di inget?
Pengalaman pribadi. Perasaan gua waktu masuk kelas B ini (sehabis tes penempatan kelas) awalnya bangga, orangtua gua juga bangga, soalnya ini kelas unggulan katanya, RSBI, pake laptop. Tapi pas masuk kelasnya gua malah jadi kikuk ga nyaman, gada kawan di kelas ini. Sekian lama gua bertahan dikelas B akhirnya gua bisa untuk beradaptasi dengan kalian. Gua mulai mengenal karakter kalian walaupun ga semua yang gua inget sekarang ini.
Di kelas gua sering banget dikatain, tapi kayanya banyak juga yang kasian sama gua. Abdul sering jailin gua, tapi gua diem aja karena sebenernya gua ga marah, malah sekarang gua jadi lucu kalo inget itu. Jodi sering ngatain gua “puyol” pemain bola dari klub Barcelona, soalnya rambut gua dulu gondrong mirip dia. Saat itu gua positif aja semoga dimasa depan gua bisa jadi pemain bola terkenal macem Carles Puyol aamiin... *lohhh -_- kawan cowo yang laen juga sering begitu, tapi gua ga marahlah, itu semua hanya becanda heee.
Oya, pas kelas 8 gua pernah punya skandal salah paham di kelas ini, asli gua kaget banget jadi rada angong karena dulu belom ngerti, biasa masih polos. Gegara skandal itu gua sempat terpuruk dan makin murung, kuping gua berasa panas kalo di kelas, gua ga betah di kelas. Itu kejadian kayanya januari atau februari 2011. Untungnya gua segera dapet kabar dari Pak Samm untuk harus ikut bimbingan OSN Biologi 2minggu, otomatis gua ikut belajar di kelas cuma untuk satu mata pelajaran sisanya bimbingan sampe sore. Lumayan untuk mendinginkan kuping yang udah kepanasan di kelas, saat itu gua bertekad dalam hati: gua akan memulihkan nama baik gua dengan prestasi, gua mau buktikan kalo gua ga begitu. 1 maret 2011 gua dapet pengumuman menang dan dapet tiket ke provinsi, alhamdulillaah hasil ini bisa sedikit memulihkan nama gua, dan banyak dapet selamet. 2 maret gua mulai berani ikut gabung lagi sama kalian untuk ke rumahnya Baros karena ada suatu musibah, setelah itu nama gua rasanya berangsur pulih.
Jur saja, sampe sekarang gua masih bangga kalo ada yang manggil gua “kekel”, makasih banget buat komang yang udah bikin nama ini buat gua, sampe kebanyakan kawan sekelas ikut-ikutan juga. Dari kelas kita sampai kelas mancanegara.
 
Beberapa kejadian di kelas B
Dulu kelas kita pernah jadi juara kebersihan, keren ya, tapi gua lupa hadiahnya apaan ya. Terus ikut lomba masak-masak, yang paling sibuk itu gita mamahnya sampe dateng ke sekolah bawa sayur mayur lauk pauk, terus igam bawa roti, gua lupa lagi sapa yang bebawaan. Kalo gua cuma bawa nasi sendiri dari rumah.

Waktu jadi kekel gua bingung mesti berbuat apa, mau marah tapi belom kenal banget, jadinya gua bawa-bawa penggaris panjang keliling nyuruh kalian diem, gua jadi blusukan ke tiap bangku “eh jangan ribut ya, ntar kenamarah guru, ntar gua catet loh namanya. Mau?” Tapi kalian ga mau diem, kesel dong gue, malahan gua diabaikan. Untung gua baru kesel, belum keluarin jurus marah. Hah gua bosan! Kapok jadi kekel, akhir semester gua resign. Jadilah gua MaKekel (mantan ketua kelas).

Pas itu baros gantiin jadi ketua kelas, baros berani, tapi sering diledekin sama cowo-cowo. Enak kok pas baros jadi ketua, soalnya biasa kalo cewe orangnya teratur, tanggung jawab, cenderung nurut, jadinya kelas kita rada normal keadaannya. Kelas 9 Baros resign terus diganti sama Ikhwan yang jadi ketua kelas. Asal tau aja jadi ketua kelas itu ga enak, ga digajih, repot lagi. Makanya gua resign, Baros juga, Ikhwan juga bakal resign dia kalo udah lulus.

Skandal kita. Abi Tiko pernah marah sama kelas kita, ada sebulan ga masuk di kelas kita, gua lupa gegaranya apa. Pak Bambang juga marah sama kelas kita, gegaranya iklan mie sedap pok pok. Bu Dewi Kartini pernah marah, Bu Naimah pernah marah, Bu Ridha pernah marah, Bu Sumarni pernah, semuanya pundung. Wow amajing!
Kelas kita dulu pake kipas angin, tapi cuma 2, karna ada yang ga kena kipas jadi tiap minggu kita rolling tempat duduk biar semua ngerasain kipasnya. Kelas kita juga pake karpet, karpetnya yang harga lumayan, lembut, saking lembutnya jadi berudul, ditambah anak-anak yang hobi lelarian dan hobi nari Michael Jackson, tambah berudul.

Selama kelas 8 dst, itu adalah masa dimana sosial media lagi rame, semacam facebook, snaptu upload, twitter dll. Ngirim tugas harus lewat email, pulang sekolah kadang suka rame-rame ke warnet buat ngirim tugas, atau ke rumah teman yang punya wifi. Dulu gua ngalamin ini dengan beberapa teman Komang, Merlia, Gita, Wina, dll gua lupa. Smartphone belom ada, yang lagi baru pas itu Blackberry. Beberapa teman di kelas yang beruang pada punya, gua inget Ihsan punya Blackberry yang modelnya semacam slide, nah Komang pernah megang punya Ihsan karena pengasaran udah gitu dia ketawa kesenengan hahaha.

Balik ke kelas 7, waktu itu kelas 7 diwajibkan untuk ikut pramuka selama semester 1. Awalnya gua tertarik karena ada cerita mau diajak jambore kesanasini, tapi setelah 2minggu gua mangkir ga mau lagi ikut pramuka soalnya emang ga suka PBB, upacara dan semacamnya yang banyak  aturan. Kawan yang lain juga pada stop ikut pramuka hingga yang tersisa dari kelas kita yang ikut pramuka itu cuma yang perempuannya aja, dan bisa diitung jari (tata, dian, igam, dwi, imelda, inggit cmiiw?), gatau kalau kelas lain, tapi isinya mah cewe mayoritas. Setia banget mereka itu sama pak syahroni. Menang banyak deh isinya cewe semua, asik.

24717 ditemani lagu-lagu kesayangan dan secangkir kembang desa—Lanjut ya.
Mohon maaf zahir&bathin ya kalian..
Sudah lama tulisan ini ga selesai, biasa manusiawi, sibuk dengan urusan duniawi, ditambah maleswi. Tapi gua usahain untuk cepet selesai. Doain.

11817—ditemani lagu-lagu kesukaan dan kenangan.
Makin kesini bingung gua mau nulis apa lagi, ini jenis tulisan apa ya. Gua juga sadar tulisan ini mengandung unsur ketidakadilan, pilihkasih. Itu disebabkan karena gua ga dekat dengan semuanya di kelas ini, hanya beberapa orang. Maaf.
Baik gua mau tulis lagi sisa kenangan kita.
Awal kelas 9 kita pada sibuk ngobrolin UN padahal mah masih berapa bulan lagi. Sebagian ada yang les ke beberapa bimbel ternama, sebagian ada yang biasa aja, belum mikirin UN. Kebetulan pas itu gua juga les ke bimbel bernama, Ibu Kokom. Nama panjangnya Ibu Komariaaaaaahh, yang adalah guru MTK terkenal killer katanya. Ah anak-anak itu, seenaknya aja bilang guru killer, padahal belum tentu gurunya seorang killer, mungkin dia, guru-guru itu, cuma pernah bunuh serangga (nyamuk, semut, dkk). Kasian untuk guru-guru yang dibilang killer.
Semester 5. Pernah ada sesi kita belajar MTK sama guru PPL, disuruh bawa jeruk. Buat apa coba jeruknya? Buat dimakan dong. Abis makan jeruk bersama, kita disuruh guntingin kulit jeruknya terus ditempel ke gambar lingkaran, persegi, yang udah kita buat disesuaikan dengan diameter jeruk punya masing-masing.

Di pelajaran tapis, bu Naimah nyuruh kita bikin selendang tapis pake benang emas dan kain tapis. Baru kali itu gua pegang benang emas dan mencium bau nya yang sangat itu, aduuhh. Bikin tapis itu lama banget, ribet banget, ga heran kalo yang lain pada ngebayar orang untuk nyelesain tugas itu.
Pelajaran biologi, bab bioteknologi Papung (Pak Purwadi) nyuruh kita bikin tape aneka rasa. Ada yang rasa pisang, ketan hitam, ketan putih, singkong, ubi. Kalo gua dapet ketan hitam, kelompokan sama Dian, Abdul dan lupa. Info, kalo bikin tape kita ga boleh kesal atau marah, kata ortu, ntar tape nya gagal. Gua senang tape nya berhasil, rasanya enak. Tape tape kalian pasti enak juga. Tape kita semuanya enak yes yess!

Pernah pas mau ujian semester 5, karena absen kita deketan dan duduknya pasti deketan, gua icat sinta dan wina berencana mau bawa LKS kalo ga salah untuk ujian mapel IPS. Udah rencana gini gitu eh ga jadi, gua nya tiba-tiba ga mau, ya udah ga mau aja.
Waktu bagi rapor semester5 gua komang dan sapa lagi sempat diajak ngobrol sama bapaknya Jodi, dulu ada rasa bangga soalnya kita tau bapaknya Jodi adalah profesor di UNILA.
Liburan semester 5, gua komang dan gita pergi hura-hura. Merlia ga ikut dia lagi berhalangan. Pertama kita main ke simpur, makan bakso di santiago, khawatir uangnya kurang, terus nemu uang gope lumayan. Dari simpur dengan nekat kita pergi ke museum lampung. Disana Komang dan Gita foto-foto terus pake hp gua, lucu, fotonya masih gua simpen. Kita juga pernah main ke pemandangan (PMD: tempat dunia malam soalnya kalo siang pada rehat, malem beraksi), ya main aja.

Semester 6. Itu saat yang menegangkan, juga bikin sedih. Sebentar lagi bakal LUN I LUN II Ujian Praktek, Cobaan Sekolah, dan Cobaan Nasional, juga bakal meninggalkan SMPN 16 BDL.
Hari-hari dipenuhi bimbel di sekolah, bimbel di luar, belajar sampe malem, belajar kelompok kalo di kelas, TO. Kurang lebih itu sih yang gua rasakan, walau belum tentu kalian belajarnya gitu juga, pasti ga sama, tapi umumnya gitu. Itu dilakukan demi lulus cobaan nasional.

Pas pengumuman LUN I nilai kita pada kecil, menurut gua sih itu wajar karena kita masih kaget, belum begitu panas buat ngedrill soal-soal. Yang nilainya dibawah standar ortunya dipanggil ke walikelas. Beruntung gua ga kena panggil tapi gua rasain kalo nilai B.Inggris gua kecil. Dari pertemuan walimurid itu didapat kesepakatan kalo para ortu harus ngelarang anaknya untuk sering main/bawa HP pas musim UN gini.

Kemudian LUN II. Ini spesial soalnya ada acara renungan malam khususon kelas 9. Ada senang soalnya bisa tidur bareng teman-teman. Acaranya dimulai dari sore, ada solat jamaah, yasin+zikir bersama, makan bersama di aula, ada nonton bareng, pokonya penuh makna yang sampe malem ini masih gua rasakan makna itu, makna kebersamaan, makna menikmati dinginnya malam bersama kalian. Habis nobar+melow jam 22.00 kita semua pada tidur di kelas perkelas masing-masing. Tidurnya diatas meja dan lampu dimatiin. Malem itu tersirat rasa sedih, melihat Ibu Sumarni, melihat kalian teman-temanku, yang gua sangat sadar kalo sebentar lagi kita akan berpisah.

Tengah malem kita semua dibangunin. Sesuai aturan mata kita mesti ditutup pake saputangan, bawa lilin, semua lampu kayanya dimatiin, mau diapain ini? Kita disuruh jalan, jalan terus sambil pegangan tali yang udah di desain, asik. Jalan terus, lama nyampenya. Kalo udah disuruh buka baru buka mata jangan buka yang lain. Rupanya kita itu jalan merem dari UKS sampe tangga ruang olahraga, amajing. Sampe di tangga itu kita disuruh nyalain lilin buat naik ke atas. Diatas, disitu terpampang nyata nilai LUN II kita+tengkorak yang dipinjam dari Lab Biologi biar horor gitu. Kalo pribadi, gua sangat bersyukur malam itu sekaligus gemeteran, ini sensasi getarnya lagi gua rasain waktu lagi ngetik ini, juga teringat waktu Ibu Sumarni memeluk gua, aah aku rinduu. Keliatan dari kalian ada yang senang dan ada yang sedih juga histeris, itu manusiawi. Nilai itu cuma angka, penting itu ilmu dan manfaatnya.

Selesai ngeliat nilai kita semua nangis berjamaah sambil jaga lilin di teras teras. Ini gegara isi kertas renungan, ditemani dengan suasana yang dingin dan hati penuh dosa, itu sangat mendukung untuk kita harus menangis. Habis tu langsung qiyamullail sambil menunggu subuh, dan siap-siap pulang.

27817—liat geh betapa basinya tulisan ini huaaahuaaahua
Setelah LUN II suasana makin panas, TO diluar dan di sekolah makin banyak, tiap jumat TO di sekolah dan minggu TO diluar bagi yang mau. Rame ujian praktek juga, pokonya heboh dan panas. Musolah juga makin ramee, hahaa biasa lagi pada mendekatkan diri kepada ALLAH swt, mau menghadapi cobaan nasional.
Pernah gua mau TO ke UNILA sama geng Komang, Merlia dan Gita terus di Tanjung Karang nemu bapaknya Igam sama Igam dia mau TO juga, yasudah kita nebeng hehe. Waktu TO gua sama komang cekikikan karena ada beberapa soal Bahasa Indonesia yang lucu. Cekikikan itu enak, geli geli lucu gitu. Selesai TO ada undian, nah si Merlia nomernya keluar tapi namanya dipanggil Monia. Disitu kita ngakak, udah mah duduknya paling depan. Selanjutnya kita panggil Merlia jadi Monia. Pas pulang kita ditawarin nebeng lagi, tapi kita ga mau karena mau nyicipin naik bus trans yang saat itu lagi hits.
Tibalah waktunya cobaan nasional, tau sendirilah gimana suasananya. Setelah UN kita udah jarang sekolah sambil nunggu waktu perpisahan dan pengumuman. Waktu pengumuman UN suasanya histeris banget haru biru, alhamdulillah gua dapet uang bonus dari pengumuman, mayan untuk jajan.
Setelah itu udah kita jarang bertemu lagi. Berapa hari kemudian gua ikut rombongan 2ID, Devin, Roby, Ikhwan, lupa pokonya rombongan sebelah sana untuk main ke rumah Ibu Sumarni. Kumpulnya di rumah Dwi. Tapi sayang sekali Ibu nya ga ada, kecewa deh. Selanjutnya main aja ke rumah Dwi sampe mau sore. Itulah akhir pertemuan kita sekelas, sampe sekarang udah ga ketemu lagi. Tamat kebersamaannya. Dadah dadah dadaahh.

 Penutupan 29Agustus2017

Waktu membawa kita untuk pergi tetapi kenangan kita masih tetap, ga bisa berubah, cuma kita nya yang sering lupa. Begitulah sisa kenangan kita yang masih gua ingat, gua tulis biar ga lupa. Gua sadar kalo tulisan ini sedikit pilih kasih dan semaunya, maaf.
Gua senang pernah menjadi keluarga bersama kalian dan Ibu Sumarni selama 3th. Terimakasih buat momennya, gua suka.

Setiap orang punya ceritanya masing-masing, nah gua mau banget kalian tolong ngisi form  BERHADIAH ini. Ini kalo bisa semua anak 9B mesti respon, minimal 15 oranglaah. Nantinya bakal gua posting di blog sini. Ga nyita waktu banyak kok. Ini demi silaturahmi kita yang jarak jauh.

Oh iya rahasia gua ya. Jadi gini, sebenernya dulu gua itu mau mau nya jadi ketua kelas, karena biar jadi anggota OSIS tanpa tes. Di OSIS gua tujuannya mau jadi anggota ketakwaan, biar sering keluar kelas keliling-keliling, gua hobi banget jalan-jalan. Eh malahan gua jadi anggota bela negara, padahal dulu gua nya belum merasa membela negara, ih bikes bikes bikin kesell. Kelas 8 gua memilih resign dari OSIS.

Lega deh akhirnya tulisan ini selesai. Ini gua persembahkan buat kalian, dan spesial dipersembahkan untuk kawan gua Dwi Agustina, Komang Merta Anggara, dan Indonesia yang lagi senang bulan ini. Selamat ulang tahun, kami ucapkan ya...

Yaudahlah, ini gua ada puisi yang gua tulis pas 2015, eh klik dulu yang ini jangan lupa  BERHADIAH 
Mulai Dari Bawah
diatas
kita berada
kan tiba waktunya
yakinlah, karena pasti
bertahap, jangan buru-buru
tak peduli, betapa sulit prosesnya
jika ingin berada diatas, harus berusaha
kehidupan itu bertahap, dimulai dari bawah
(bacanya dari bawah yaa...)


Entah kapan kita ketemu lagi, hanya Allah swt yang tau. Sukses selalu ya buat kalian dimanapun berada apapun profesinya gimanapun kehidupannya. Semoga bisa ketemu lagi, bisa berbagi cerita hidup masing-masing.

Gua rindu, kalian harus tau itu. Terimakasih, wasalam.. 

Komentar

  1. Kekellll 😘😘
    Kan waktu itu kita ketemu di gramedia kel 😟

    BalasHapus
  2. Ughhh jadi Flashback sehat selalu yah kalian semua πŸ˜‰

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. wedew jadi kangen balik ke smp lagi
    mumpung muka gua masih pas jadi anak smp :v

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Jadi kangeeennn masa ituu uhhhhh♥♥♥
    Semoga kelak kita dipertemukan kembali ya gengs ♥

    BalasHapus
  7. anjiiirrr gua malu banget pernah nulis ginian astagaaaa hahahahahahhh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato: Aktifkan Sampah Masyarakat dengan Daur Ulang Sampah

Terjemahan Daqoiqul Akhbar, Bab 1 : Penciptaan Nur Muhammad